Pengembangan Destinasi Wisata Prioritas

Pengembangan Destinasi Wisata Prioritas

Post by Administrator     32 Hits   

Presiden Joko Widodo bersama dengan jajaran, kemarin (15/07) menggelar Rapat Terbatas yang membahas Pengembangan Destinasi Wisata Prioritas bertempat di Kantor Presiden, Jakarta. Rapat ini diselenggarakan sebagai tindak lanjut pasca kunjungan kerja Presiden ke beberapa destinasi wisata seperti Mandalika, Danau Toba, sejumlah lokasi di Manado, serta Labuan Bajo. Presiden mendapati adanya permasalahan yang harus dibenahi.

Dalam ratas tersebut, setidaknya terdapat tujuh arahan Presiden terkait pengembangan sektor pariwisata yang harus dilaksanakan, diantaranya :

  1. Pembenahan tata ruang di daerah atau wilayah tujuan wisata. 
  2. Peningkatan infrastruktur pendukung pariwisata (terminal, airport, runway yang masih kurang panjang, konektivitas jalan menuju ke lokasi wisata yang akan dituju, dan juga dermaga pelabuhan) agar memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke titik-titik destinasi wisata. 
  3. Peningkatan fasilitas kebutuhan wisatawan di lokasi wisata, contohnya penataan pedagang kaki lima, restoran-restoran kecil, toilet, serta standar layanan. 
  4. Hasil kunjungan kerja ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, urusan pembenahan pelabuhan di Labuan Bajo sudah sangat mendesak. Bercampurnya aktivitas muat barang dan wisatawan harus segera dibenahi. 
  5. Kesiapan SDM setempat yang diharapkan dapat membuka diri dan betul-betul mampu menghadirkan suasana yang nyaman bagi para wisatawan yang datang, sehingga perlu disediakan beragam pelatihan bagi para SDM lokal.
  6. Perlunya menyiapkan atraksi-atraksi wisata baru yang nantinya dapat menjadi nilai tambah dan menjadi suatu hal yang menarik wisatawan asing.
  7. Pemerintah akan menggelar promosi pariwisata secara besar-besaran dan terintegrasi untuk membantu pertumbuhan ekonomi daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Ayo dukung dan kawal terus pengembangan sektor pariwisata di Indonesia agar ke depan semakin mampu menyejahterakan masyarakat. Salam Pesona Indonesia!!!

#PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia#InfrastrukturDanPariwisata

(
Sumber : https://www.facebook.com/kemenpar/)