Bersama Gubernur Gorontalo, Bupati Boalemo Hadiri Festival Kaaruyan 2019

Bersama Gubernur Gorontalo, Bupati Boalemo Hadiri Festival Kaaruyan 2019

Post by Administrator     25 Hits   

BOALEMO - Bupati Boalemo Darwis Moridu menghadiri kegiatan Festival Kaaruyan Tahun 2019 yang digelar Masyarakat Kristiani Desa Kaaruyan Kecamatan Managgu Kabupaten Boalemo, Minggu (28/7/2019) di Desa Kaaruyan.

 

Selain Bupati Darwis, turut hadir Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama Isteri dan rombongan dengan disambut Tarian Kabasaran asal Minahasa Utara, menambah semarak kegiatan yang dirangkaikan dengan acara Pengucapan Syukur Umat Kristiani yang ada di Mananggu tersebut.

 

Dalam sambutannya Bupati Darwis mengatakan, Perayaan Pengucapan Syukur masyarakat Desa Kaaruyan merupakan kegiatan yang sangat inovatif bagi perkembangan desa, Karena desa Kaaruyan mempunyai potensi Budaya etnis yang perlu dikembangkan.

 

“Perayaan Pengucapan Syukur, sudah merupakan tradisi masyarakat Minahasa yang dilaksanakan setiap tahun. hal ini menunjukan bahwa hadirnya Program Dana Desa yang diberikan oleh pemerintah pusat, memberikan inovasi bagi desa sehingga dapat berkembang dan maju,” ujar Bupati Darwis.

 

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyampaikan, Provinsi Gorontalo memiliki  banyak etnis budaya yang harus dikembangkan, seperti perayaan Pengucapan Syukur setelah panen yang dilaksanakan oleh masyarakat Minahasa Desa Kaaruyan Kabupaten Boalemo.

 

“Melalui kegiatan perayaan pengucapan syukur ini, marilah kita bangun kebersamaan serta persaudaraan demi peningkatan dan perkembangan desa Kaaruyan lebih khsusus Kabupaten Boalemo dan pada umumnya Provinsi Gorontalo,” kata Gubernur Rusli Habibie.

 

Pada kesempatan itu pula, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyampaikan apresiasinya terhadap pelestarian seni budaya masyarakat Desa Kaaruyan melalui kegiatan Festival Kaaruyan Tahun 2019 tersebut dengan menjanjikan dana sebesar Rp.250 juta.

 

Sementara itu Kepala Desa Kaaruyan Ronal Ch. Rampi mengatakan, kegiatan yang kali ini diisi dengan pagelaran seni budaya seperti pentas musik kulintang, seminar budaya dan Open Turnament PUBG 2019, merupakan kali kedua dilaksanakan di wilayah yang dipimpinnya.

 

“Kegiatan ini merupakan wujud untuk menjaga eksistensi pelestarian budaya yang ada di Desa Kaaruyan terlebih Kecamatan Mananggu, karena diketahui Desa Kaaruyan merupakan salah satu desa wisata budaya yang ada di Kabupaten Boalemo,” Kata Kades Ronal Ch. Rampi.

 

Untuk itu dia mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pemerintah Provinsi Gorontalo khususnya Kabupaten Boalemo terhadap kegiatan yang digelarnya tersebut.

 

“Kegiatan kali ini berbeda dari sebelumnya dan kami semua bersyukur karena kegiatan kali ini dihadiri langsung Bapak Gubernur dan Bapak Bupati Boalemo. Ini merupakan sebuah penghargaan bagi desa Kaaruyan, desa kecil namun bisa mencatatkan sejarah pada hari ini,” ungkap Kades Ronal. (MCB)