Pantai Ratu, Icon Wisata Baru Kabupaten Boalemo

Pantai Ratu, Icon Wisata Baru Kabupaten Boalemo

Post by Administrator     83 Hits   

BOALEMO - Keindahan alam Boalemo memang tak ada habisnya, setelah Pulo Cinta yang sudah tersohor sampai ke mancanegara, kini Pemkab Boalemo kembali mengembangkan obyek wisata yang diresmikan Sekretaris Daerah, Minggu (17/2) dan digadang-gadang menjadi icon wisata baru Kabupaten Boalemo.

Adalah Pantai Ratu, sebuah destinasi wisata terletak di Desa Tenilo Kecamatan Tilamuta yang dikembangkan Pemerintah Desa melalui Anggaran Dana Desa (ADD) tersebut diharapkan bisa sejajar dengan Pantai Bolihutuo yang telah dikembangkan lebih dulu.

Kepala Desa Tenilo Rapi Biya mengaku, awal mula pengembangan pantai tersebut digagas oleh masyarakat desa yang menginginkan perubahan desanya.

“Pantai Ratu yang dihiasi dengan gazebo ini dibangun dengan ADD Tenilo tahun anggaran 2018. ADD Tenilo yang sekitar 774 juta lima ratus ribu rupiah sekian tersebut, kami alokasikan kebeberapa kegiatan seperti, pembangunan talud, tambatan perahu serta pengembangan pantai ratu yang digagas oleh masyarakat desa tenilo,” ujar Rapi.

Sementara itu Camat Tilamuta Kasmat Hurudji mengatakan, dirinya merasa bangga dengan kegigihan masyarakatnya yang ada di Desa Tenilo untuk menciptakan ruang publik baru yang bisa meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Saya bangga dengan saudara-saudaraku masyarakat Desa Tenilo ini. Dengan anggaran yang sedikit tetapi masyarakat bahu membahu melaksanakan pekerjaan ini. Siang malam mereka tidur ditempat ini hanya untuk memperjuangkan tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata boalemo,” kata Camat Tilamuta.

Menurutnya, dengan adanya lokasi wisata tersebut maka akan menarik minat para wisatawan datang ke Desa Tenilo. Hal ini kata Kasmat bisa menigkatkan taraf hidup masyarakat melalui usaha-usaha kecil yang akan ditawarkan kepada para pengunjung yang datang ke Pantai Ratu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Boalemo Husain Etango dalam sambutannya menuturkan, pengembangan lokasi pantai ratu ini adalah sebuah tanda perkembangan pariwisata di Kabupaten Boalemo yang begitu pesat.

“Sebagai Pemerintah Daerah, saya hari ini mewakili pak Bupati sangat mengapresiasi semagat masyarakat yang begitu luar biasa, dan diwujudkan dengan partisipasi untuk membangun tempat ini dengan menggunakan ADD. Tentunya hal ini menjadi sebuah tanda destinasi wisata yang akan berkembang bagus karena ini dirintis dari bawah,” kata Sekda Husain Etango.

Olehnya itu Sekda Boalemo berpesan kepada Pemerintah Desa Tenilo, kiranya penggunaan Anggaran Dana Desa agar dikelola dengan sebaik-baiknya.

“Saya yakin dan percaya, kalau tidak ada dana desa, tempat ini belum terwujud, dari mana anggaran yang ratusan juta untuk bisa membangun tempat seperti ini. Jadi harapan Pemerintah Daerah, kiranya ADD harus dikelola dengan baik dan usahakan kegiatan-kegiatannya yang betul-betul menyentuh kepentingan masyarakat terutama kepentingan masyarakat kecil,” pesan Sekda.

Ia pun berharap, agar pengelola tempat wisata ini mampu menjaga ketertiban dan kemanan di tempat tersebut, juga para pelaku usaha lokal kiranya mampu melihat peluang usaha yang bisa menaikkan taraf hidup masyarakat setempat. (MCB)