Pemda Boalemo Gelar Musda Adat Pemilihan Baate Lo Boalemo

Pemda Boalemo Gelar Musda Adat Pemilihan Baate Lo Boalemo

Post by Administrator     58 Hits   

Pemerintah Kabupaten Boalemo melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan melaksanakan Musyawarah Adat Daerah Untuk Pemilihan Ketua Adat Kabupaten Boalemo (Baate Lo Boalemo ). Musyawarah Adat yang dilaksanakan pada Selasa (23/06/2020) ini bertempat di Rumah Dinas Bupati Boalemo dan dihadiri oleh Wakil Bupati Boalemo, Ir. Hi. Anas Jusuf, Para Camat Se Kabupaten Boalemo, Baate Lo Limutu Lo’o Lo’Opo, Ketua Lembaga Adat Kabupaten Boalemo serta seluruh unsur Pemangku Adat se Kabupaten Boalemo..

Pemilihan Baate atau Ketua Pemangku Adat merupakan agenda kerja Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, khususnya Bidang Seni dan Budaya, yang bekerjasama dengan Lembaga Adat Boalemo, dengan tujuan utama untuk melakukan pemilihan dan penetapan Baate atau Ketua Pemangku Adat yang nantinya akan mengatur dan mengarahkan seluruh pemangku adat dalam penyelenggaraan kegiatan/upacara adat .di Kabupaten Boalemo.

Setelah melalui tahapan musyawarah serta pertimbangan dan penilaian seluruh elemen/peserta Musyawarah Adat yang hadir, maka diputuskanlah Baate Lo Boalemo diamanatkan kepada Bpk. Hairun Mahmud, yang sebelumnya menjabat sebagai Baate Tundungiyo untuk menggantikan Alm. Muzakir Sanusi yang telah wafat.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Boalemo berharap agar Baate yang terpilih selalu mengedepankan urusan Lembaga Adat dan mampu mengambil peran, baik itu di masyarakat maupun urusan pemerintahan. Selain itu, Anas Jusuf juga berpesan agar Baate terpilih dan para Pemangku Adat lainnya dapat membangun sinergitas, sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan pemerintahan maupun hari-hari besar lainnya yang memerlukan keterlibatan Lembaga Adat. (Admin)