Tingkatkan Kualitas Tata Kelola dan SDM Pariwisata, Disparbud Boalemo Gelar Program Pelatihan

Tingkatkan Kualitas Tata Kelola dan SDM Pariwisata, Disparbud Boalemo Gelar Program Pelatihan

Post by Administrator     172 Hits   

Pasca penetapan Tatanan Hidup Baru (New Normal Life) di Provinsi Gorontalo, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Boalemo gelar Pelatihan Program Pelayanan Kepariwisataan dan Kapasitas Pelaku Usaha Pariwisata, yang bertempat di Hotel Grand Amalia, Tilamuta pada hari Senin, 6 Juli 2020.

Pelatihan yang dibuka langsung oleh Bupati Boalemo Hi. Darwis Moridu tersebut turut dihadiri Plh. Sekretaris Daerah Kab. Boalemo Yakop Musa, S.Sos, MM, Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Sofyan J. Puloo, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Boalemo Drs. Gerson Shamin, MM, beserta jajaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Boalemo.

Bupati Boalemo dalam sambutanya menyampaikan bahwa Pariwisata merupakan salah satu sektor pendukung dalam meningkatkan Perekonomian masyarakat di masa transisi New Normal, dimana Kabupaten Boalemo merupakan salah satu daerah yang memiliki garis pantai panjang dan indah, sangat berpotensi untuk menjadi sumber peningkatan perekonomian daerah, terlebih untuk meningkatkan perekomonian masyarakat disekitar objek wisata. Untuk itu, dalam upaya mendorong pengembangan Sektor Pariwisata di Kabupaten Boalemo, secara khusus Bupati Boalemo akan memberikan tambahan anggaran di tahun 2021 nanti kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Boalemo.

Selain itu, Bupati Boalemo berpesan agar para peserta dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik, sehingga mampu memahami sistem, sikap dan etika pelayanan terhadap wisatawan.

Dalam sambutannya Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini serta keseriusan yang Bupati Boalemo dalam pengembangan Sektor Pariwisata. Lebih lanjut beliau berpesan bahwa ada 2 (dua) hal yang harus didorong dalam pariwisata yaitu, Optimalisasi Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) serta dukungan anggaran dari Dana Desa melalui Pemerintah Daerah.

Kegiatan ini merupakan pembukaan dari rangkaian pelatihan yang akan dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Boalemo dan merupakan pengejawantahan program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang diberikan melalui Dana Pelayanan Kepariwisataan Tahun 2020. Secara umum ada 3 (tiga) jenis pelatihan yang akan dilaksanakan sampai dengan Bulan Agustus nanti, yakni : (1) Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata; (2) Pelatihan Manajemen Homestay; dan (3) Pelatihan Pemandu Wisata Selam.

Dalam pelaksanaan pelatihan tersebut tetap diberlakukan protokol kesehatan, dengan menggandeng tenaga kesehatan dari Puskesmas Tilamuta sebagai tenaga medis yang akan mengawasi peserta dan tata laksana pelatihan, menyediakan masker dan hand sanitizer, membagikan suplemen kesehatan dan multivitamin kepada para peserta, serta melakukan penyemprotan desinfektan di ruang pelatihan. (Admin)