Ciptakan SDM Pariwisata Yang Unggul, Disparbud Boalemo Gelar Pelatihan Manajemen Homestay

Ciptakan SDM Pariwisata Yang Unggul, Disparbud Boalemo Gelar Pelatihan Manajemen Homestay

Post by Administrator     123 Hits   

Sebagai tindaklanjut dari Pembukaan Pelatihan Program Pelayanan Kepariwisataan dan Kapasitas Pelaku Usaha Pariwisata, yang sebelumnya telah dibuka oleh Bupati Boalemo pada hari Senin, 6 Juli 2020; Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Boalemo kembali menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Homestay Tahun 2020, yang bertempat di Hotel Grand Amalia selama tiga hari (Senin-Rabu, 20-22  Juli 2020).

 

Rangkaian kegiatan Pelatihan Manajemen Homestay Tahun 2020 ini dibuka oleh Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Boalemo, Yakop P. Musa, S.Sos, MM yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo akan terus mendorong Sektor Pariwisata di daerah, agar mampu menciptakan  kegiatan jasa usaha dan turut memberikan nilai tambah  ekonomis serta meningkatkan citra pariwisata di Indonesia, serta dapat merekrut tenaga kerja sehingga dapat mengurangi pengangguran di Provinsi Gorontalo pada umumnya dan  khususnya di Kabupaten Boalemo. Yakop Musa juga menambahkan bahwa pengembangan Pariwisata didasarkan pada pemanfaatan  potensi destinasi yang menjadi daya tarik di kawasan wisata, karena Kabupaten Boalemo memiliki prospek kawasan wisata yang bisa di jadikan jasa usaha homestay, sehingga memberikan  peluang pengembangan kawasan destinasi wisata bahari atau alam, melalui pengembangan prasarana penunjang destinasi seperti pondok wisata, rumah  singgah, dan hotel serta sentra-sentra hunian wisata. Ada beberapa potensi destinasi wisata bahari seperti rumah wisata di kawasan Destinasi Pantai Bolihutuo dan Pantai Kota Ratu yang sekarang oleh Pemerintah Daerah dilakukan pengembangan kawasan wisata unggulan yang ada di Kabupaten Boalemo. Penjabat Sekda Kabupaten Boalemo ini berharap agar peserta pelatihan dapat memahami produk produk pariwisata dan dasar-dasar manajemen pengelolaan jasa usaha pariwisata, sehingga akan memahami betul sistim pelayanan prima berdasarkan sikap dan etika pelayanan yang baik, serta mampu menerapkan sistim standar ketenaga kerjaan sesuai dengan standar minimal yang di persyaratkan, dan yang terpenting peserta akan memiliki kompetensi minimal dan menjadi agen perubahan pengetahuan kepada pengelola lainnya dan masyarakat.

 

Senada dengan itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Boalemo, Drs. Gerson Shamin, MM menjelaskan bahwa pelatihan ini melibatkan seluruh pengelola homestay yang ada di Kabupaten Boalemo maupun masyarakat yang memiliki rencana untuk membuat homestay. Selain itu, ia mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan Disparbud untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang pengelolaan homestay, rumah wisata dan pengelolaan hunian wisata yang ada di Kabupaten Boalemo.

 

Sementara itu, Alirman Tahala, S.Pd selaku Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Pariwisata, Seni dan Budaya sekaligus Ketua Panitia mengungkapkan bahwa dalam pelatihan itu yang paling penting untuk dipahami dalam mengelola homestay adalah tata cara pengelolaan dan membangun komitmen pemilik untuk membuat homestay yang baik.

 

Adapun para pemberi materi dalam kegiatan kali ini adalah unsur Akademisi Program Studi Pariwisata Universitas Negeri Gorontalo (UNG), serta unsur praktisi pengelola homestay (Harry & Mimin Homestay) yang sangat terkenal di Provinsi Gorontalo, bahkan telah mampu menarik minat wisatawan mancanegara dan mendapatkan pengakuan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (Admin)