Tradisi Tumbilotohe, Saat 1 Juta Lampu Tradisional Menyala di Pantai Bolihutuo

Tradisi Tumbilotohe, Saat 1 Juta Lampu Tradisional Menyala di Pantai Bolihutuo

Post by Administrator     12 Hits   

BOALEMO - Diperkirakan 1 juta lampu botol berbahan bakar minyak tanah dinyalakan oleh Pemerintah Kabupaten Boalemo guna memeriahkan tradisi Tumbilotohe di Pantai Bolihutuo, Kabupaten Boalemo, Jumat (31/5/2019). Tumbilotohe adalah tradisi tua masyarakat Gorontalo malam-malam terakhir bulan Ramadhan, untuk Festival Tumbilotohe Provinsi Gorontalo dipusatkan di obyek wisata Pantai Bolihutuo, Kecamatan Botumoito, Boalemo. Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah hadir dan membuka pelaksanaan Festival Tombilatohe yang menyedot perhatian ribuan masyarakat tersebut. Pembukaan ditandai dengan pemasangan lampu oleh Gubernur Rusli, Bupati Boalemo Darwis Moridu, Wabub Anas Jusuf serta pimpinan Forkopimda.

Lampu minyak ini ditempatkan pada alikusu, susunan bambu kuning yang dibuat seperti gerbang dengan hiasan pohon pisang dan tanaman adat, pohon puring. “ Tradisi tua ini dijaga terus oleh pemerintah daerah setiap tahun. Untuk Kabupaten Boalemo dipusatkan di Pantai Bolihutuo. Kabupaten dan kota lain dipusatkan di daerah masing-masing,” kata Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie. Salah satu upaya yang dilakukan Pemeruntah Provinsi Gorontalo agar malam pasang lampu tetap terjaga yakni dengan membagikan minyak tanah secara cuma-cuma ke kabupaten dan kota. Tahun ini pemprov melalui Dinas Pariwisata membagikan 14.000 liter minyak tanah. “Sekarang kan minyak tanah sudah langka, jadi setiap tahunnya kita siapkan dan disebar ke pemda, masjid-masjid dan sejumlah titik pelaksanaan tumbilotohe,” ujar Rusli Habibie. Sementara itu,  Bupati Boalemo Darwis Moridu optimistis jika Boalemo akan menjadi pemenang Festival Tumbilatohe tahun 2019. Prestasi yang sudah diraih selama dua tahun terakhir.

“Insyaallah tahun ini bisa juara I lagi. Apalagi tahun ini disaksikan langsung oleh Gubernur Rusli Habibie,” tutur Darwis Moridu. Selain 1 juta lampu yang dinyalakan, Boalemo juga menyiapkan 200 Perahu Bagan dan perahu nelayan kecil yang ikut menyalakan lampu di bibir pantai. Gemerlap lampu ini menambah keunikan tumbilotohe di Boalemo. “Festival Tumbilotohe adalah pemikat wisatawan Nusantara dan Mancanegara, ini kekayaan tradisi Gorontalo yang masih lestari hingga kini,”  kata Nancy Lahay, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo. Semangat menjaga tradisi oleh masyarakat ini bersambung dengan kebijakan pemerintah yang membantu pengembangan tumbilotohe sebagai atraksi pariwisata yang memikat. “Festival Pesona Tumbilotohe sudah menjadi kalender pariwisata tetap yang setiap tahun semakin meriah, semakin menarik wisatawan dari berbagai daerah, juga mancanegara,” papar Ivone Reane Larekeng, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Provinsi Gorontalo. (KOMPAS.com)