Ormas Kambungu Beresi Kabupaten Gorontalo Bersihkan Pantai Ratu Kabupaten Boalemo

Ormas Kambungu Beresi Kabupaten Gorontalo Bersihkan Pantai Ratu Kabupaten Boalemo

Post by Administrator     26 Hits   

BOALEMO - Guna mencipatakan lingkungan yang bersih di Lokasi Wisata Baru Pantai Kota Ratu Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo, Organisasi Masyarakat (Ormas) Kambungu Beresi Kabupaten Gorontalo menggelar Bakti Sosial (Baksos) bersih-bersih pantai, Minggu (16/6/2019).

 

Sekjen Kambungu Beresi Syarifin J. Tuhala mengatakan, Hal tersebut dilakukan untuk memotivasi masyarakat Boalemo agar selalu menjaga dan melestarikan lingkungan yang bersih dan nyaman.

 

“Kegiatan ini kami lakukan untuk mengajak seluruh komponen masyarakat agar berperan aktif menjaga dan melestarikan lingkungan, sehingga penanganan peresoalan lingkungan tidak harus membutuhkan biaya yang besar tapi dapat dilakukan dengan upaya membersihkan lingkungan,” ujar Syarifin.

 

Dia menambahkan, selain membersihkan objek wisata tersebut, organisasi yang dibentuk sejak 2016 itu juga menanam pohon yang dapat meminimalisir sedimen tanah.

 

“Dengan terbentuknya komunitas Gerakan Kambungu Beresi ini, kiranya bisa menjadi wadah bagi para aktifis dan pemerhati lingkungan dalam menyalurkan ide-ide yang berhubungan dengan pelestarian lingkungan,” harap Syarifin J. Tuhala.

 

Bupati Gorontalo selaku Pembina Ormas Kambungu Beresi Nelson Pomalingo dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini wujud dari kerja sama yang dibangun bersama Boalemo yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Gorontalo.

 

“Kedatangan kami ini dalam rangka kerja sama dibidang pariwisata dan lingkungan. Kadang kala kita kerja sama dengan luar negeri dan juga daerah lain begitu luar biasa, namun tetangga, saudara kita tidak kita lakukan kerja sama, dan Alhamdulillah hari ini bisa kita wujudkan melalui Komunitas Kambungu Beresi yang sudah dimulai dengan menanam pohon,” ujar Bupati Nelson.

 

Bupati Gorontalo berharap, melalui kerja sama seperti itu bisa terus dilakukan untuk mempererat hubungan didua daerah tetangga.

Sementara itu, Bupati Boalemo Darwis Moridu menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut di wilayah yang dipimpinnya itu.

“Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Boalemo, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada komunitas yang bergerak di bidang lingkungan yakni Gerakan Kambungu Beresi, atas partisipasinya yang telah melaksanakan kegiatan ini di Kabupaten Boalemo,” Ujar Bupati Darwis.

 

Bupati Darwis pun bersyukur, lokasi wisata Pantai Kota Ratu Desa Tenilo Kecamatan Tilamuta telah dipilih sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan, karena hal itu merupakan ajang promosi destinasi wisata baru yang ada di Kabupaten Boalemo.

 

“Kehadiran Bapak dan Ibu yang hadir ditempat ini, tentu sangat membantu kami didalam mempromosikan obyek wisata pantai Kota Ratu secara luas. Untuk itu, sekali lagi kami atas nama Pemerintah Daerah dan Masyarakat mengucapkan terima kasih yang tak terhingga,” ucap Bupati Boalemo. (MCB)