Disparbud Boalemo Matangkan Persiapan Festival Pesona Boalemo Tahun 2022

Disparbud Boalemo Matangkan Persiapan Festival Pesona Boalemo Tahun 2022

Post by Administrator     315 Hits   

Tilamuta - Kunjungan Bapak Reza Pahlevi selaku Direktur Event Daerah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia ke Boalemo, disela-sela agenda kerjanya di Kabupaten Pohuwato seakan memberikan angin segar dan optimisme Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo dalam suksesi pelaksanaan Festival Pesona Boalemo Tahun 2022, yang direncanakan akan digelar di Bulan Oktober nanti. Kunjungan sekaligus jamuan makan malam tersebut dihelat di Rumah Makan Fitrika Desa Pentadu Barat, Selasa (22/2).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Yakop Musa menyampaikan bahwa kunjungan tersebut sangat spesial, dimana Kabupaten Boalemo merupakan salah satu daerah yang lolos kurasi/penilaian bersama 99 Daerah lainnya dan masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) terkait penyelenggaraan event/festival pariwisata bertajuk "Festival Pesona Boalemo Tahun 2022".

Yakop Musa mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Boalemo telah melakukan pemaparan dihadapan kurator nasional yang ditunjuk oleh Kemeparekraf RI, dan dipaparkan langsung oleh Sekretaris Daerah Dr. Sherman Moridu belum lama ini. Sesaat setelah pemaparan berlangsung, pihak kurator memberikan apresiasi atas penampilan dan materi yang disampaikan.

Terkait dengan pelaksanaan event dimaksud dalam masa Pandemi Covid 19, pihak Kemenparekraf RI menekankan agar Pemda Kabupaten Boalemo tidak haru mengumpulkan orang banyak, namun meningkatkan kualitas event yang akan digelar, juga apa saja yang menjadi ciri khas daerah yang akan diangkat, termasuk tradisi, kuliner, dan budaya yang benar-benar original.

Dari segi penganggaran, Yakop Musa menjelaskan bahwa dalam waktu dekat Pemda bersama DPRD akan melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, untuk memastikan dukungan anggaran maupun fasilitas yang akan digunakan nanti dalam perhelatan Festival Pesona Boalemo Tahun 2022 yang direncanakan akan dipusatkan di Objek Wisata Pantai Bolihutuo.

Yakop Musa mengharapkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat, terutama bagi pengunjung dan masyarakat yang berdomisili di Kawasan Wisata Pantai Bolihutuo agar selalu menjaga kebersihan dan mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah yang baik. Sehingga nantinya pelaksanaan event pariwisata tahunan berskala Nasional ini akan mampu memeberikan dampak positif bagi perekonomian daerah serta peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Boalemo secara umum.

(Admin)