Pasca Dilantik, Anas Jusuf Jalani Prosesi Adat "Molo'opu"

Pasca Dilantik, Anas Jusuf Jalani Prosesi Adat "Molo'opu"

Post by Administrator     89 Hits   

Tilamuta – Setelah dilantik menjadi Bupati Boalemo sisa masa jabatan 2017 – 2022 oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie pada Kamis (30/12/2021), Bupati Boalemo Anas Jusuf jalani prosesi adat “Molo’opu” pada Sabtu (1/1/2022) di Rumah Jabatan Bupati Boalemo Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo.

Prosesi adat “Moloopu” merupakan proses upacara pelantikan pimpinan daerah yang digelar secara adat setelah pimpinan daerah dilantik secara kenegaraan.

Dalam prosesi adat tersebut, Bupati Boalemo Anas Jusuf yang didampingi Ketua TP PKK Ny. Hj Lisna Yusuf Mohi disambut secara adat di Rumah Jabatan Bupati Boalemo.

Upacara penyambutan dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Boalemo,Wakil Ketua DPRD Kabupaten Boalemo dan Pimpinan Perangkat Daerah dilingkungan Pemda Kabupaten Boalemo.

“Rasanya berat menerima amanah melalui tahuda lo lipu (petuah) tadi, karena itu merupakan kewajiban dan bagaimana hakekat seorang pemimpin,” ujar Anas

Menurutnya, begitu dalam pesan moral yang disampaikan oleh pemangku adat terkait perannya mengemban amanah rakyat sebagai Bupati Boalemo.

Namun, Anas tetap optimis dapat mengemban amanah ini hingga selesai. Untuk itu, bantuan saran dan masukan dari semua pihak sangat dibutuhkan dalam menjalankan amanah sebagai Bupati Boalemo.

“Alhamdulillah selama ini dukungan dan solidaritas sudah ditunjukkan, Forkopimda, pemangku adat, DPRD dan seluruh pimpinan OPD. Insya allah lima bulan kedepan ini kekompakan kita tetap terjaga,” kata Anas.

Sebelumnya Anas Jusuf menjabat sebagai Wakil Bupati Bupati Boalemo sekaligus Plt. Bupati Boalemo menggantikan Bupati Darwis Moridu yang diberhentikan karena tersandung kasus hukum

(Sumber : InfoPublik.id)